Intip Menu Buka Puasa dari Berbagai Negara

Oleh Bu Molly 06 Agustus 2018

Momen yang paling ditunggu saat bulan Ramadan adalah waktunya berbuka puasa. Menjalankan ibadah puasa seharian lalu “dibayar” dengan berbuka puasa memang terasa sangat nikmat dan menyenangkan. Apalagi jika berbuka dengan makanan dan minuman favorit. Hmm, lezat sekali ya, Moms!

 

Makanan dan minuman favorit untuk berbuka ini biasanya hanya muncul spesial saat bulan Ramadan saja. Misalnya, kolak pisang, kolak biji salak, es timun suri, es blewah, dan lainnya. Bisa saja membuat makanan tersebut di luar bulan Ramadan, namun tentu akan terasa biasa dan tidak spesial.

 

Aneka makanan tersebut sangat mudah dijumpai di Indonesia ketika menjelang berbuka puasa. Bisa dikatakan, makanan berbuka khas dari Indonesia. Tapi tidak hanya di Indonesia saja lho, Moms, yang mempunyai makanan berbuka yang khas. Di beberapa negara lain juga punya makanan spesial yang muncul saat bulan Ramadan. Apa saja? Simak di bawah ini.

 

1. Harira, Maroko

Harira ini adalah sup dengan bahan utama kacang lentil dan tomat yang berasal dari Maroko. Jika di Indonesia berbuka kurang lengkap tanpa kehadiran kolak, maka di Maroko pun sup harira yang menjadi primadona. Ada berbagai variasi harira, yaitu salah satunya bisa dengan daging domba. Harira ini dilengkapi pula dengan bumbu rempah herbal yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

 

2. Kunafe, Turki

Moms penyuka makanan yang manis dan gurih? Kunafe boleh dicoba. Makanan penutup asal Turki ini berbahan dasar keju yang dipanggang dan ditaburi dengan remah-remah kacang pistachio. Cocok sekali untuk hidangan berbuka puasa. 

 

3. Shami kabab, Pakistan

Salah satu menu buka puasa di Pakistan ialah shami kabab. Makanan ini berbentuk seperti perkedel yang berisi kentang, daging cincang, chickpeas, telur, dan rempah khas Pakistan. Selain shami kabab, Pakistan juga memiliki menu berbuka lain seperti pakoras yaitu potongan bawang atau kentang yang dibalut dengan adonan berbumbu kunyit dan di-deep fried, dan samosa yang berisi sayuran. 

 

4. Leblebi, Tunisia

Di Tunisia, leblebi adalah makanan yang pas untuk berbuka puasa. Leblebi ini adalah sup chickpea yang dilengkapi dengan irisan bawang putih tipis, jinten, minyak zaitun, dan air jeruk lemon. Leblebi ini bisa ditambahkan telur setengah matang dan ditaburi daun bawang untuk menambah rasanya.

 

5. Arroz caldo, Filipina

Di Indonesia, mungkin terdengar asing menikmati bubur untuk buka puasa. Namun tidak jika di Filipina. Arroz caldo ini berisi potongan daun bawang, ayam, dan telur rebus. Mirip dengan bubur ayam di Indonesia. Bedanya, makanan ini umum dinikmati saat berbuka puasa di Filipina.

 

6. Fattoush salad, Lebanon

Bagi Moms yang sedang diet clean eating, fattoush salad ini cocok dinikmati untuk berbuka puasa. Salad sayuran yang berisi tomat, timun, lettuce, radish, dan daun mint ini umum dinikmati dengan roti pita. Hidangan berbuka sehat dan mengenyangkan, kan, Moms?

 

7. Ath-thareed, Qatar

Menu favorit jika berbuka di Qatar ialah ath-thareed, yaitu potongan roti pipih renyah yang disiram kuah daging. Daging yang digunakan bisa daging kambing atau pun ayam dengan sayuran sebagai pelengkap. Sehat dan enak untuk berbuka puasa.

 

8. Chorba frik, Aljazair

Salah satu menu sup untuk berbuka adalah chorba frik. Sup ini berisi daging kambing, tomat, dan rempah segar yang disiram kuah kental dari gandum yang dipanggang. Sudah terbayang lezatnya, kan, Moms? Selain chorba frik yang gurih, Aljazair juga punya makanan manis bernama tajin barkouk yang terbuat dari buah-buahan.

 

Jadi, itulah beberapa makanan berbuka puasa dari seluruh dunia. Apakah Moms siap untuk mencoba semuanya?

comments powered by Disqus