Mengenal Beragam Teknik Memasak Ikan

Oleh Bu Molly 19 September 2017

Bosan dengan menu ikan goreng? Menggoreng ikan memang mudah dan cenderung cepat matang, namun jika terlalu sering dikonsumsi, akibatnya tidak baik untuk kesehatan. Ingin tahu bagaimana cara memasak ikan yang lebih sehat? Yuk simak beberapa tekniknya di bawah ini.

Memasak ikan terkadang menjadi hal yang agak sulit bagi sebagian orang. Mengapa? Karena daging ikan sangat lembut sehingga mudah sekali matang. Jika sudah terlalu matang, tekstur ikan akan berubah dan tentu nutrisinya sudah berkurang. Sayang, kan, jika sudah telanjur seperti itu?

Ada beberapa cara yang dapat Moms lakukan untuk memasak hidangan ikan yang benar, sehat, dan tentu lebih bervariasi daripada hanya sekadar menggoreng saja. Seperti apa teknik memasak ikannya?                                                                                            

1. Panggang

Teknik yang pertama adalah memanggang ikan. Teknik memasak ini terbilang cukup cepat dan tidak mengurangi kelembaban tekstur ikannya. Jadi ketika disantap, dagingnya tetap juicy. Sebelum dipanggang, Moms dapat memberikan bumbu mulai dari yang sederhana hingga bumbu lengkap. Seperti taburan garam dan merica atau olesan saus barbecue yang lezat. Letakkan ikan di atas loyang yang telah dilapisi baking paper atau olesi dengan minyak supaya tidak lengket. Panggang dengan api sedang selama 10 menit atau hingga matang.

2. Pan seared

Untuk memasak dengan teknik pan seared, Moms membutuhkan wajan anti lengket dan sedikit minyak panas. Setelah ikan diberikan bumbu, letakkan fillet ikan dengan kulit yang menghadap ke bawah pada wajan yang telah panas. Tunggu hingga dua sampai empat menit, balikkan ke sisi sebaliknya. Masak hingga matang. Bagaimana untuk mengetahui apakah ikannya sudah matang atau belum? Ambil pisau tipis dan tusukkan perlahan ke bagian ikan yang tebal. Tunggu hingga beberapa detik, lalu cabut pisaunya. Sentuh pisau dengan tangan, jika terasa hangat, berarti ikannya sudah matang. Namun jika masih terasa dingin, ikan belum matang hingga ke dalam

3. Bakar

Ikan bakar pasti sering hadir dalam masakan Indonesia. Tetapi terkadang ikan terlalu gosong sehingga tidak baik untuk kesehatan. Jadi supaya tetap bisa makan ikan bakar dengan cara yang sehat, usahakan bakar tidak terlalu lama sehingga tidak terlalu gosong. Cara lainnya adalah dengan melapisi bagian atas bakaran dengan irisan lemon. Selain mencegah ikan tidak terlalu gosong, lemon juga dapat menambah rasa dan menghindari ikan dari lengket saat diangkat.

4. En papillote

Teknik ini berasal dari Perancis yang berarti memasak dengan cara membungkus bahan makanan menggunakan parchment paper. Tekniknya familiar? Tentu saja, karena di Indonesia teknik ini dinamakan pepes. Hanya berbeda pada pembungkusnya saja. Cara en papillote ini cukup sederhana. Moms hanya perlu membungkus ikan dan bumbu dengan parchment paper yang dibentuk seperti kantong. Lalu panggang dengan api sedang selama 13 menit. Mudah, bukan?

5. Poach

Teknik poach ini bisa dikatakan sebagai merebus. Bedanya, poach merebus dengan api kecil dan air rebusannya berisi aneka bahan yang beraroma. Misalnya seperti isi mirepoix yaitu bawang Bombay, wortel, dan seledri. Ada satu teknik lagi yang menyerupai poach, yaitu court bouillon. Teknik yang berasal dari Perancis ini menggunakan air rebusan dengan campuran air, asam, dan bahan beraroma. Moms dapat membuat court bouillon dengan cara mencampur air dengan cuka beras untuk asamnya, dan aneka bahan beraroma seperti mirepoix. Masak selama 30 menit dengan api kecil agar aromanya masuk ke dalam ikan. Setelah itu, Moms bisa langsung menikmati ikannya, atau jika ingin yang agak kering, masak kembali dengan pan seared selama 2 menit.

comments powered by Disqus